Minggu, 27 Mei 2012

Cerpen " Rela menderita demi melihat orang lain Bahagia"


Merelakan dia

Karya : nurhafidha

       
         Aku tau sesuatu yang  awalnya rumit ujung-ujungnya pasti rumit pula, itulah yang terjadi dengan hubunganku bersama Toni. Pagi yang seharusnya di sambut dengan senyuman malah berganti dengan wajah yang kusut , sebenarnya hari ini aku malas sekali berangkat ke sekolah karena aku malas ketemu dia! tapi mau bagaimana lagi hari ini banyak tugas yang belum terselesaikan.
       Aku paksakan  kaki ini untuk terus melangkah ke tempat tujuan.Sesampai di sekolah, dari arah kejahuan Rini menebarkan senyumnya kepadaku dan menyapaku haii Vit…Ucapnya,haii ujarku singkat . Kamu kenapa Vit kok pagi-pagi muka kamu udah kusut begitu tanyanya, ehmm nggak kok nih aku tersenyum kan J ucapku bohong.
      Ahh aku tau kamu pasti masih memikirkan kata-kata Klara waktu hari sabtu kemarin kan, yang dia bilang kalau Toni itu belum pernah putus ma Rika??tanyanya lagi,hmm iya sih kemarin aku juga udah sempat tanya langsung dengan Toni tapi dia malah marah , terus dia bilang sampai kapan kamu nggak mau percaya .
       Terus kamu  bilang apa waktu dia tanya begitu ? ucap Rini ,jadi aku bilang terserah kalau kamu masih pacaran atau nggak ma si Rika itu urusan kamu yang jelasnya hubungan aku dengan kamu baik-baik saja.Dan aku masih memberikan kepercayaan sepenuhnya pada Toni,aku mau lihat apa yang akan di lakukan Toni setelah aku memberi dia kesempatan ujarku.
      Ehh Vit ,Rin ayo kita ke lapangan, upacara akan segera di mulai nih ujar Klara. Kebetulan hari ini yang jadi petugas upacara itu  kelas ku tapi kami tidak punya persiapan apa-apa . kacau nih kalau begini ucap Tia kesal , iya nih mana infonya mendadak lagi sahut Dani ! ehh semuanya udah ada yang bertugas tapi tinggal pemimpin upacaranya yang belum ada ujar Rio panik.
          Hmm Toni mana sih kok belum datang juga ujar Nita ohh iya yah Toni kan yang biasanya jadi pemimpin sahut Mala.Ehh itu Toni baru datang ujar Rani ! sumpah aku malas sekali liat wajah Toni, apalagi dia  sekarang jelas-jelas ada di hadapanku .Wajah ku terasa kaku waktu natap dia  rasanya semua perasanku itu langsung hilang semua kalau ingat waktu berantem  kemarinL.
          Ketika dikelas, Klara pun menghampiri bangku ku ehh Vit kamu tau nggak semalam itu Toni putusin Rika . Hahh yang benar Ra tanyaku ? iyya aku itu tadi malam dapat send all nya Rika , Rini yang duduk di sebelah ku langsung menyahut ,berarti Toni itu lebih pilih kamu Vit ujarnya .
          Yaah tapi aku masih nggak enak ma si Rika gimana nanti kalau dia tau kalau aku pacaran ma Toni? Tanyaku pada mereka ehmm kalau urusan itu kamu nggak usah pikirkan dulu sekarang itu masalah belakangan ucap Klara. Iya Vit benar tuh apa yang di bilang klara yang jelas kami akan selalu mendukung mu dan selalu ada untukmu betul kan Ra, ujar Rini iya pastinya jawab Klara.
          Rasanya hatiku sekarang jauh lebih tenang,aku merasa beruntung mempunyai sahabat seperti mereka ,walaupun klara sifatnya seperti anak-anak tapi dia selalu mengerti dengan keadaanku ! apalagi Rini dia yang selalu memberikan nasehat di saat aku down.Aku bangga punya mereka :D
      Waktu nggak terasa berjalan begitu cepat, hubunganku degan Toni pun baik-baik saja,tapi semakin lama teman-teman ku makin curiga dengan kedekatanku dengan Toni.Apalagi waktu istirahat aku duduk di samping toni sambil menuliskan tugas biologinya,maklumlah Toni kan paling malas menulis jadi nya mumpung aku lagi pengen nulis jadi nggak ada salahnyakan .
         Tiba-tiba Rio teman sebangku Toni menghampiriku, woii Vita kamu lagi nulis apa?Tanya Rio,aku lagi nulis tugas Biologi ! kamu nggak nuliskan tugas nya Tonikan Tanyanya lagi ? nggaklah ngapain coba aku nuliskan dia, ahh yang benar ucapnya meledek Toni pun yang sedang asyik main game di sebelahku merasa terganggu langsung menyahut ,Rio kamu nggak usah di sini deh ujarnya .
           Yeahh kenapa kamu nyolot gitu sih Ton , yang aku ganggu itu Vita bukan kamu ucap Rio, justru karena kamu ganggu Vita jadi aku marah ucap Toni . Ohhh aku tau kalian pacaran kan ?? Tanya rio , aku tersentak kaget saat Rio bilang kalau aku dan Toni pacaran! kok pada ribut sih, aku mencoba mengalihkan pembicaraan , Vit kamu harus jawab kamu pacarankan ma Toni ??? Tanya Rio sekali lagi . Hmmm nggaklah jawabku ,kamu nggak usah tutup-tutupin deh ujarnya,kalau aku bilang nggak ya nggak ujarku .
           Rio pun terdiam, kenapa udah puaskan?? Tanyaku balik dan bergegas meninggalkan mereka! Semua itu gara-gara kamu ucap Toni menyalahkan Rio , aku kan cuman nanya ma dia ujarnya membela diri . Tapi kamu kelewatan ucap Toni dan bergegas mengejarku.    

      Vitaaaa….. terdengar suara Toni memanggil ku , dia pun berjalan menuju arahku ! kamu nggak apa-apa? tanyanya, nggak aku tadi sengaja meninggalkan kamu dari pada Rio nanti tau soal hubungan kita ujarku ,ohh tapikan tugas biologiku belum selesai terus kamu tinggal begitu saja . ohh jdi kamu ngejar aku ke sini cuman nyuruh aku menyelesaikan tugas kamu? tanyaku, yahh sepertinya begitu ujarnya meledek. Hmm kelewatan banget jadi orang kataku,kelewatan sayangnya yah ucapnya huhh gombal ujarku .Hhehe…
         Yah begitulah sebuah hubungan yang di rahasiakan jadi susah untuk dapat momen-momen yang tepat untuk berdua,tapi mau gimana lagi kalau kenyataannya begitu,Hmm jujur aku suka dengan gaya Toni berpacaran.Di depan semua orang,dia biasa-biasa saja ketika ada di dekatku,seperti orang yang tak punya hubungan apa-apa dan hanya sebatas teman.
          Tapi woow kalau jalan berdua beda sekali sifatnya berubah menjadi 99% ,walaupun dia itu orangnya keras kepala dan emosian tapi dia bertanggung jawab, selalu jujur,pemberani,dan selalu mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi masalah . Itu yang aku suka dari dia ! Hehe
      Akhir-akhir ini handphone ku seperti mati rasa ! setiap kali aku bangun tidur, ku raih handphone ku tapi tak ada satu pun sms dari Toni. Sms ku pun tak kunjung dibalasnya.Tak ada lagi perhatian-perhatian yang diberikan padaku aku merindukan semua itu !aku tidak tau dengan kabarnya sekarang,aku tidak pernah bertemu dengannya karena liburan ini yang membatasiku.Huhhh aku bosan dengan suasana yang mencekam ini .
        Yahh tapi untungnya aku udah beli modem, jadinya aku bisa mengisi kekosongan pada waktu liburan di internet sekalian cari tugas . Aku juga membuka fb ku, aku fikir mudah-mudahan aku dapat info tentang Toni ternyata aku tau sekarang kenapa dia tak pernah memberikan kabar kepadaku !
          Karena hp nya itu hilang entah kemana , upss aku juga nggak sengaja buka fb nya Rika mantannya Toni tepatnya adik kelas ku.Summpahhh semua statusnya itu semua tertuju pada Toni , dia masih berharap sama Toni ,tapi kan yang ku tau Toni udah putusin dia lebih dari sebulan yang lalu ! Hmmm aku bingung,ku raih handphoneku dan ku telepon Klara.
       Hallo Ra iyya Vit ada apa? Aku mau nanya mang Toni ma Rika balikan lagi ?? tanyaku penasaran  iyya Vit , Rika sendiri yang cerita ma aku ucapnya . Ohh thanks atas infonya ucapku ehh Vit manknya ada apa? Tanyanya tapi aku langsung mematikan handphone ku.
         Hmm aku menghela nafas panjang ,aku nggak percaya kalau Toni tega membohongiku,dan aku masih belum percaya dengan ucapan  Klara tadi itu semua impossibble .Rasanya hatiku hancur,setelah aku melihat status-status Rika yang jelas-jelas dia sangat merindukan kehadiran Toni.Dan bukan itu saja Toni pun ikut mengkomentari status Rika,walaupun dia seolah-seolah tidak tau dengan siapa yang Rika maksud di semua statusnya.
          Tapi aku yakin Toni sebenarnya tau tapi dia cuman pura-pura bodoh dan tolol itu kata-kata yang tepat ku katakan padanya. Aku bertanya pada diriku sendiri , apakah aku salah kalau aku pacaran dengan Toni ??? aku butuh jawaban…!aku tidak tau apabila nanti semua orang tau tentang hubunganku dengan Toni pasti mereka akan menyalahkan ku!aku pengen bilang ke semua orang kalau aku bukan perebut,kalau Toni nggak datang menyatakan cintanya padaku, aku juga nggak bakalan jadian ma dia .
         Dia yang harusnya di salahkan,bukan aku ??tapi ku akui mungkin aku bodoh karena telah menerima Toni jadi pacarku. Dan aku tidak tau apa yang akan di lakukan oleh Rika apabila dia tau semuanya .
       Bisa-bisa dia mati bunuh diri,nggak lucu sekarang saja dia seperti kehilangan separuh jiwanya saat Toni tak pernah memberikan kabar kepadanya.Lama-lama muncul berita ada  seorang perempuan yang meninggal karena di sebabkan penyakit galau yang berkepanjangan dan memasuki stadium akhir,OMG itu bakalan berita paling heboh.
         Kalau di bilang cemburu,pasti jawabannya iya ,pasti, dan jelas sekali.Bagaimana tidak sekarang kan Toni masih berstatus jadi pacarku.Tapi sayang dia tidak pernah memikirkan perasaanku,dia hanya selalu  like dengan status-status yang Rika buat, sedangkan aku?tak pernah di anggapnya ada.Dia tak pernah like dengan status-status yang ku buat berkomentar saja tidak , apa yang harus aku lakukan??beri aku saran,sungguh hubungan ku bertambah rumit.Seperti benang wol saja,semakin ditarik semakin kusut.
          Nah sedangkan aku tambah hari nggak tau ujung permasalahannya dan nggak pernah tau  kapan selesainya.Rini,Klara andaikan kalian sekarang ada di sampingku aku akan merangkul kalian. Aku masih dapat bertahan asalkan kalian ada di sisiku walaupun aku harus melepaskankan Toni dari sisiku,akhirnya aku harus mengambil sebuah keputusan rela tidak rela aku harus merelakannya.
        Walaupun aku yang akan merasakan sakitnya!aku tidak tega melihat Rika yang setiap hari selalu berharap dan berharap kalau Toni masih menjadi kekasihnya.Biarlah aku yang mengalah,dan biarlah aku yang merasakan sakitnya.Ku kembalikan fitrah suci ini kepada yang Maha Kuasa,semua pasti akan baik-baik saja.Mudah-mudahan aku dapat tegar menghadapinya.
         Aku masih dapat hidup dan bernafas di saat Toni tak ada lagi di sisiku,aku akan belajar untuk berhenti menyayanginya meskipun butuh waktu yang lama.Semua itu ku lakukan demi Rika ,ku harap Rika lebih pantas berada di sisi Toni dari pada aku .Dan aku yakin, Rika akan menjaga Toni dengan semua rasa cinta dan sayangnya.

“Rika ku titip Toni untukmu, sabarlah dia akan bersama mu lagi . luka hati mu akan sembuh karena kehadirannya di sisi mu. Tersenyumlah Rika , biarkanlah hatiku yang menjerit karena telah merelakan nya untukmu “.

~kasih aku merelakan mu
Bukan karena aku tak menyayangimu
Tapi aku melakukan itu semua ….
Karena dia lebih memerlukan mu
Lebih mencintai mu dan menyayangi mu
                                      Tetapi yang harus kau tau sedetik pun  
                                      Rasa sayangku takkan pernah hilang
                                      Biarlah rasa sakit ini ku rasakan sendiri  
                                      Walaupun hatiku tak sanggup untuk melepas mu….
Aku akan mencoba belajar bahagia
Apabila melihat mu bahagia bersamanya
Belajar untuk  tersenyum…..
Ketika kau berada  jelas-jelas  di hadapanku
tetapi bersamanya “BUKAN BERSAMAKU” 



BERSAMBUNG...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar