Sabtu, 19 Mei 2012

keseharian Muslim Amerika Serikat


All American Muslim, Serial Keseharian Muslim Amerika Serikat


Suka duka menjadi Muslim di Amerika Serikat menjadi ‘nyawa’ tayangan All American Muslim. Ini adalah serial televisi yang menceritakan kehidupan sehari-hari umat muslim di Dearborn. Acara ini mulai ditayangkan bulan November lalu.
Sang sutradara, Mike Mosallam membuat delapan seri yang berisi kehidupan Muslim yang belum begitu familiar dengan masyarakat Amerika. “”Kami ingin memberikan contoh yang baik untuk menunjukkan bahwa kita muslim yang mungkin masih tradisionel, tapi kita juga Amerika,” kata salah seorang keluarga yang kisahnya ditayangkan dalam reality show ini.
Menurut laporan Council on American-Islamic Relations (CAIR) dan Universitas California untuk studi ras dan gender, mengatakan bahwa Islamofobia di AS meningkat. Sebuah jajak pendapat terakhir menemukan 43 persen orang Amerika mengaku memiliki ‘sedikit’ prasangka terhadap Muslim.
Sebelumnya diberitakan, sejumlah perusahaan iklan di Amerika Serikat mencabut promosi mereka di TV kabel TLC. Mereka menarik iklan untuk serial All-American Muslim setelah mendapatkan tekanan dari kelompok sayap kanan dan kelompok Kristen.
Asosiasi Keluarga Florida (FFA) memimpin kampanye mendesak perusahaan untuk menarik iklan pada program All American Muslim. Mereka mengklaim All American Muslim adalah propaganda yang dirancang untuk  memajukan Islam fundamentalis dan memperjuangkan hukum syariah. Dari kampanye ini, mereka menargetkan  65 dari 67 perusahaan akan menarik iklan mereka. Sebelumnya, perusahaan yang beriklan di sini antara lain  Bank of America, Campbell Soup Co, Dell, Estee Lauder, General Motors, Goodyear, kopi Green Mountain, McDonalds, Sears, dan Wal-Mart.
Sementara itu, sejumlah Muslim mengatakan ditariknya iklan dari program iklan ini hanyalah didorong oleh fanatisme anti-Islam saja.
Walupun sejumlah ilkan banyak yang ditarik, juru bicara TLC, Laurie Goldberg, mengatakan acara All American Muslim akan terus ditayangkan sesuai rencana. “Tidak ada rencana untuk menarik pertunjukan. Acara ini akan terus seperti yang direncanakan,” kata Goldberg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar